Tips Mencari Penginapan Murah Jogja Bagi Traveler Pemula

Tips Mencari Penginapan Murah Jogja Bagi Traveler Pemula

Tips Mencari Penginapan Murah Jogja Bagi Traveler Pemula – Traveling adalah salah satu kegiatan yang sangat menarik. Terbukti banyak orang rela mengambil cuti demi bisa traveling ke destinasi tertentu. Selain menentukan destinasi yang tepat misalnya Jogjakarta, kamu juga harus pandai mencari penginapan murah Jogja agar liburan tetap menyenangkan meski low budget.

Jika kamu seorang traveler pemula, banyak hal yang wajib diketahui dan dipersiapkan jauh sebelum terjun ke lapangan. Tanpa persiapan yang matang dan hanya berbekal pengetahuan yang minim, kamu bisa jadi tidak akan merasakan traveling yang berkesan. Lebih parahnya justru sebaliknya.

Mau Traveling Seru dengan Low Budget, Plus Dapet Penginapan Murah Jogja? Cek Tipsnya Berikut Ini!

Budget menjadi perhitungan yang penting bagi setiap orang. Apalagi mereka yang berencana traveling ke destinasi yang terkenal. Baik itu di dalam maupun di luar negeri. Maka dari itu, untuk kamu yang masih pemula, penting juga mulai menabung dari dini untuk traveling ke berbagai destinasi impian.

Namun, dengan berbagai kemudahan teknologi dan komunikasi atau TIK yang ada saat ini, traveling dengan low budget bukan lagi sebuah dongeng. Kamu bisa merealisasikannya meskipun masih berada di level pemula. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Lakukan Riset Tujuan

Seorang traveler profesional harus bisa menentukan tujuan yang akan dikunjunginya. Kemanakah kamu akan pergi? Lakukan riset tujuan melalui internet, media sosial atau secara lisan dari orang ke orang hingga kamu mendapatkan inspirasi.

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih akrab disapa Jogja menjadi salah satu destinasi traveling yang sangat terkenal. Baik di mata wisatawan lokal maupun wisatawan internasional. Selain karena kental akan budayanya, Jogja juga dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik.

Seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, beragam pantai di Gunung Kidul, Keraton Yogyakarta hingga Malioboro yang dikenal sebagai pusat oleh-oleh khas Jogja terbesar.

Lakukan riset tujuan dengan sedetail mungkin, termasuk terkait rute, kondisi lingkungan, kultur masyarakat, harga tiket masuk tiap destinasi hingga transportasi apa saja yang harus digunakan selama kamu stay di sana, bila tidak membawa kendaraan pribadi.

2. Cari Penginapan Murah Jogja

Terkenal sebagai destinasi traveling yang mendunia, sudah pasti bukan hal sulit untuk mendapatkan penginapan yang murah. Terlebih saat ini sudah bermunculan aplikasi penginapan atau hotel yang memang diperuntukkan bagi kamu yang hobi traveling. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Pertama, pilih dan unduhlah salah satu aplikasi penginapan paling recommended atau sesuai dengan kebutuhanmu. Kemudian buka dan masuk sebagai member. Biasanya pada tahap awal pemakaian, akan muncul tutorial cara menggunakan aplikasi tersebut. Pahami setiap rule-nya dengan baik!

Lalu ketikkan tujuan dan masukkan tanggal rencana kamu akan menginap, maka akan muncul daftar penginapan dari yang paling recommended. Nah dari situ, kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu.

Untuk menarik banyak member atau pengguna, umumnya pihak aplikasi telah menyediakan voucher diskon dengan nominal yang cukup menarik guna menghemat budget-mu.

3. Buat Rencana Pengeluaran

Seorang traveler yang cerdas harus bisa membuat rencana pengeluaran dengan baik. Mulai dari alokasi penggunaannya dan berapa besarnya. Biar tidak khilaf melampaui batas, kamu bisa membuat catatan khusus di gagdet atau buku agendamu.

Catatan bagi traveler pemula, untuk hari-hari tertentu, biaya tiket, penginapan dan harga tiket masuk ke destinasi bisa naik dua kali lipat. Jangan kaget bila nantinya penginapan murah Jogja berubah menjadi penginapan paling mahal karena momen tertentu. Jadi, siap-siap saja untuk menyiapkan budget lebih.

Supaya tidak terlalu berat, seperti yang diuraikan di awal artikel ini kamu bisa menabung dari jauh-jauh hari sambil terus riset biaya terkini yang dibutuhkan.

4. Memilih Waktu Berlibur

Pengelola tempat wisata tentu menginginkan keuntungan sebesar-besarnya, sama halnya dengan pengusaha pada umumnya. Karena itu, momen libur nasional yang mana dimanfaatkan banyak orang untuk liburan, juga dimanfaatkan oleh pengelola wisata untuk menaikkan harga tiket masuk dan/atau wahana yang ada di dalamnya.

Termasuk juga kesempatan emas bagi pengelola penginapan murah Jogja. Meski harga sudah dinaikkan, bukan halangan bagi banyak orang untuk berebut kuota yang tersedia.

Nah, karena itu agar terhindar dari budget yang membludak, pilihlah waktu yang tepat untuk traveling. Hindari tanggal merah atau hari libur nasional, karena biasanya akan terjadi lonjakan pengunjung. Bukan lagi soal harga tiketnya, tapi kamu harus berebut space dengan para pengunjung lainnya. Dan itu nampak kurang menyenangkan.

Pada hari-hari biasa, harga tiket masuk maupun penginapan terbilang normal. Selain itu, kamu juga tidak perlu berdesak-desakan dengan banyak orang. Bahkan destinasi yang kamu kunjungi serasa milik pribadi saking sepinya.

5. Perhatikan Barang Bawaan

Saat menjadi traveler pemula, terkadang tak sedikit yang overload barang bawaan. Jika destinasi kamu lumayan banyak, terlalu banyak beban yang dibawa dapat mengurangi kenikmatan traveler. Karena punggung dan tanganmu akan cepat letih dengan beban tersebut.

Oleh karena itu, bawalah barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Untuk perlengkapan mandi, biasanya sudah disediakan oleh pihak penginapan. Tergantung fasilitas penginapan yang kamu pilih.

Agar tidak terlalu sering moving yang cukup merepotkan. Pilihlah penginapan murah Jogja yang sekitarnya banyak destinasi menarik. Sehingga kamu bisa tetap menyimpan barang bawaan di penginapan dan lanjut traveling dengan hanya membawa tas kecil, dompet, ponsel, kacamata hitam, skin care dan makanan ringan seperlunya.

6. Cek Peraturan di Tempat Tujuan

Salah satu hal yang kerap diabaikan oleh traveler pemula ialah peraturan di tempat tujuan yang didatanginya. Contoh sederhananya, larangan membuang sampah sembarangan di area wisata, namun tak sedikit wisatawan yang masih sengaja melanggar peraturan tersebut.

Tiap destinasi memiliki peraturan yang berbeda. Misalnya, saat di mendaki gunung kamu wajib membawa pakaian tebal untuk melindungi tubuh dari efek suhu rendah. Sebaliknya, saat berlibur ke pantai, memakai baju tebal justru sangat mengundang gerah dan panas. Dan masih banyak lagi peraturan lainnya yang harus dipahami.

Sebagai traveler yang baik, memahami dan menaati setiap peraturan di tempat wisata adalah hal wajib. Termasuk saat kamu menginap di penginapan murah Jogja, ada barang-barang tertentu yang boleh dan tidak boleh dibawa pulang. Bila sengaja membawanya, kamu bisa dikenakan denda.

kamartidur-utama-1.jpg
Guesthouse Jogja Omahningrat

Nah, itulah beberapa tips mencari penginapan murah Jogja bagi traveler pemula. Meskipun baru pemula, bersikaplah seolah kamu menjadi traveler profesional. Untuk informasi penginapan murah Jogja untuk jangka panjang, kamu bisa mendapatkan informasi lengkapnya di https://waroengproperty.id/disewakan/omahningrat-jogja/

Tersedia banyak unit dengan fasilitas memadai dan harga menarik. Jangan sampai terlewatkan, kunjungi sekarang juga dan rencanakan liburan paling berkesan kamu sekarang! Jangan lupa, ajak serta keluarga dan sahabat untuk berlibur bersama!

Leave a Reply