Tips Mendapatkan Penginapan Murah Untuk Traveling Hemat Menyenangkan

You are currently viewing Tips Mendapatkan Penginapan Murah Untuk Traveling Hemat Menyenangkan
  • Post category:Blog News

Tips Mendapatkan Penginapan Rumah – Saat melakukan perjalanan ke luar kota, tentu ada beberapa pos biaya yang harus diperhitungkan, yaitu biaya transportasi, penginapan dan makan. Selain itu juga perlu memperhitungkan biaya cadangan untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan di tengah perjalanan. Untuk menghemat biaya perjalanan, tak ada salahnya mencari informasi penginapan murah di kota yang akan dikunjungi.

Banyak orang merasa gengsi mencari penginapan dengan harga murah. Mereka beranggapan, harganya yang murah berarti kualitas pelayanannya rendah. Ternyata, anggapan ini salah. Sebab, jika tahu caranya, siapa pun bisa mendapatkan penginapan nyaman, bersih, dan aman dengan harga yang murah. Ditambah lagi, saat ini banyak penginapan yang menawarkan harga diskon.

Tips Mencari Penginapan Murah

Ingin melakukan perjalanan dengan biaya murah? Salah satu penghematan yang bisa dilakukan adalah melalui penekanan biaya penginapan. Namun, walaupun murah, tentunya tetap ingin mendapatkan akomodasi yang nyaman, bukan? Berikut ini beberapa tips mendapatkan penginapan yang nyaman dengan harga murah.

1. Tentukan anggaran Yang Dimiliki Terlebih Dahulu

Tips pertama adalah menentukan anggaran terlebih dahulu. Setiap akan melakukan perjalanan, pastikan dahulu dana yang dimiliki. Kemudian, bagi dana tersebut ke dalam pos-pos pengeluaran seperti biaya makan, penginapan, transportasi, dan cadangan. Jika sedang berwisata dan dibebani kewajiban membawa oleh-oleh untuk saudara dan teman pun, perlu menentukan anggaran untuk pos ini juga.

Pos-pos biaya yang umumnya fix adalah biaya transportasi dan cadangan dana. Adapun biaya-biaya lainnya dapat disesuaikan dan dihemat, seperti biaya makan dan penginapan. Untuk makan, bisa dengan memilih makan di warung-warung sederhana yang umumnya murah. Biaya menginap pun bisa diakali dengan memilih penginapan murah, atau kamar hotel yang sedang diskon.

2. Memesan Penginapan Jauh Hari Sebelumnya

Cara ini pun cukup efektif untuk dapat menginap dengan biaya yang relatif murah. Jika memesan sebuah kamar hotel secara mendadak, kemungkinan besar akan mendapatkan harga yang mahal. Berbeda jika memesan jauh hari sebelumnya. Harganya akan lebih murah, bahkan mungkin bisa sekaligus mendapatkan promo potongan harga.

Selain itu, cara lain untuk mendapatkan potongan harga adalah dengan mengikuti loyalty program yang sering diadakan hotel-hotel dalam memikat pelangganya. Loyalty program ini memberikan penawaran menarik seperti potongan harga, ataupun upgrade kamar gratis. Selain dari pihak hotel, program seperti ini kadang juga diberikan oleh pihak agen perjalanan.

3. Melakukan Perjalanan Saat Low Season

Berencana melakukan perjalanan ke kota-kota dengan destinasi wisata favorit? Jika ingin mendapatkan harga penginapan yang murah, sebaiknya hindari peak season. Sebab, saat itu, umumnya hotel-hotel dan penginapan lainnya dalam keadaan fully booked. Selain itu, kalaupun tersedia kamar, biasanya ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi.

Peak season adalah periode tertentu saat suatu wilayah yang memiliki tempat wisata, dikunjungi oleh banyak orang. Umumnya, peak season terjadi saat libur panjang dan libur akhir tahun. Pada saat itu, penawaran akomodasi umunya berada pada harga tertingginya. Sebaliknya, pada low season, bisa jadi kamar yang sama ditawarkan dengan harga yang cukup rendah.

Jadi, perjalanan akan lebih hemat jika dilakukan pada saat low season, yaitu bukan di akhir pekan, atau musim liburan. Biaya penginapan lebih murah saat weekdays dibandingkan weekend. Namun, konsekuensinya bagi orang yang bekerja, tentunya terpaksa harus mengajukan cuti sebelum melakukan perjalanan.

4. Memilih Jenis Penginapan

Salah satu cara menghemat biaya akomodasi dalam sebuah perjalanan ke luar kota adalah dengan memilih jenis penginapan murah. Menginap tidak harus di hotel, bukan? Ada beberapa jenis penginapan lain yang bisa menjadi pilihan. Beberapa di antaranya adalah hostel, losmen, maupun homestay. Dengan memilih jenis penginapan yang tepat, bisa didapatkan harga yang lebih ramah di kantong.

Hostel merupakan jenis penginapan yang umumnya ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Namun, jika menginap di hostel, privacy bisa berkurang, karena umumnya dalam satu kamar dihuni bersama beberapa penyewa lain. Meskipun demikian, bagi backpacker dengan budget rendah, menginap di hostel bisa menjadi pilihan yang menarik.

Adapun homestay merupakan rumah penduduk yang dikondisikan sedemikian rupa untuk berfungsi sebagai tempat menginap bagi wisatawan. Menginap di homestay bisa mendatangkan pengalaman yang unik karena dapat berinteraksi langsung dengan penduduk di suatu daerh wisata. Umumnya, homestay menyediakan juga fasilitas makan bagi penyewanya, tergantung kesepakatan.

5. Beda Lokasi, Beda Harga

Tips mendapatkan penginapan murah berikutnya adalah melakukan pengecekan lokasi penginapannya. Jika lokasinya dekat dengan pusat kota atau tempat wisata, tentunya harga yang ditawarkan pun akan tinggi. Berbeda jika lokasi penginapan sedikit di pinggir kota atau jauh dari tempat wisata, biasanya justru lebi murah.

Meskipun demikian, perlu memperhatikan juga akses ke tempat wisata dan transportasinya. Bisa jadi, dapat meghemat biaya penginapan, tetapi justru boros di biaya transportasi karena jaraknya jauh dari tempat wisata. Perhitungan semacam ini perlu dilakukan agar rencana penghematan tidak menjadi sia-sia belaka.

6. Memilih Paket Tour Lengkap

Tidak ingin ribet dalam mencari penginapan murah? Ada banyak pilihan paket tour lengkap yang menarik. Umumnya paket ini sudah dilengkapi biaya akomodasi, transportasi, konsumsi, dan juga biaya masuk ke tempat-tempat wisata. Perjalanan dapat dilakukan dengan lebih nyaman dan tanpa harus repot-repot berburu penginapan dengan harga yang lebih murah.

Asalkan jeli dalam memilih paket yang ditawarkan, bisa jadi harga yang diperoleh cukup rendah dengan fasilitas yang lengkap. Hubungi beberapa agen perjalanan untuk mendapatkan pilihan penawaran mereka. Dengan demikian, bisa mendapatkan beberapa pilihan untuk dipertimbangkan dan dibandingkan.

7. Melakukan Booking Hotel Secara Online

Ingin menginap di hotel dengan biaya lebih murah? Kunjungi situs booking hotel online. Biasanya, situ-situs ini memberikan promo diskon untuk kamar tertentu di sebuah hotel. Harga yang ditawarkan pun lebih murah dibandingkan check in langsung di resepsionis. Bisa jadi hal ini dikerenakan sudah ada kerja sama antara pihak hotel dan penyedia jasa pemesanan tiket online tersebut.

Beberapa situs booking online ini juga menawarkan berlangganan newsletter mereka. Salah satu keuntungan berlangganan newsletter ini adalah, mendapatkan banyak informasi menarik mengenai perjalanan wisata. Salah satunya adalah informasi tentang diskon penginapan murah dengan penawaran terbatas.

8. Mencari Penawaran Penginapan Murah Di Marketplace Properti

Tidak hanya melalui travel agent dan situs booking online saja, ternyata mencari penginapan murah juga bisa dilakukan melalui marketplace properti. Coba saja cek . Ini adalah sebuah marketplace properti yang bekerja sama dengan beberapa pengembang terpercaya.

Tidak hanya menyediakan daftar rumah untuk dijual saja, pada website https://waroengproperty.id ini, akan didapatkan penawaran rumah kos dan juga guest house dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah guest house Jogja Omah Ningrat. Ini adalah guest house yang berada di lokasi aman, dengan suasana homey, selayaknya rumah sendiri.

Guest House ini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Keunggulan dari guest house ini adalah lokasinya yang cukup dekat dengan kampus UGM dan juga Jalan Malioboro. Lokasi yang strategis ini memberikan keuntungan ekonomis, yaitu dapat menghemat biaya transportasi yang diperlukan untuk mencapai kedua tempat tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai tips mendapatkan penginapan murah  untuk sebuah perjalanan yang nyaman dan terjangkau. Hal yang perlu diperhatikan adalah memperhitungkan secara cermat sebuah biaya perjalanan untuk menghindari risiko membengkaknya anggaran. Tidak ingin kehabisan bekal di tengah perjalanan, bukan?

Leave a Reply