kost-putri-terdekat

9 Tips Memilih Tempat Kost Putri Terdekat Dan Sesuai Kebutuhan

Keputusan untuk melanjutkan kuliah atau bekerja di rantau memang memerlukan komitmen besar, terutama bagi perempuan atau putri. Bukan hanya harus jauh dari orang tua, tetapi kemandirian seseorang akan dipertaruhkan. Ada beragam permasalahan yang harus dihadapai, termasuk mencari kost putri terdekat.
Tak dipungkiri, mencari tempat kost yang sesuai memang susah-susah gampang. Selain memerlukan privasi yang lebih besar, perempuan juga memiliki sensivitas tinggi. Beragam permasalahan dapat muncul hanya karena merasa kurang nyaman, baik dengan pemilik atau sama-sama penghuni kost.

Kelebihan Tempat Kost Putri Terdekat

Fakta di lapangan membuktikan, bahwa mencari tempat kost tidak semudah menghitung kancing pakaian. Terutama bagi seorang perempuan yang sangat rentan terhadap tindak kekerasan dan kriminalitas. Oleh karena itu, tinggal di tempat kost putri terdekat dengan kampus atau tempat kerja menjadi solusi paling jitu. Berikut beberapa alasan yang mendasarinya:

1. Hemat Ongkos

Selain keperluan makan, biaya transportasi menjadi pengeluaran terbesar bagi perantau, baik mahasiswa maupun bekerja. Oleh karena itu, harus pintar-pintar mengatur keuangan agar dapat bertahan hingga pergantian bulan. Permasalahan ini dapat terselesaikan dengan tinggal di tempat kost putri terdekat, karena dapat menghemat ongkost.

2. Irit Budget

Berbeda dengan kontrakan, tempat kost sudah dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan. Mulai dari kasur, lemari pakaian, meja, kipas angin atau AC, hingga tempat untuk memasak. Dengan demikian, penghuni kost tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk ‘mengisi’ kamarnya.

3. Lebih Aman

Seperti yang sudah disinggung di atas, perempuan sangat rentan menjadi ‘korban’ kriminalitas. Oleh karena itu, tinggal di tempat yang dekat dengan kampus atau perusahaan dapat meminimalisir hal tersebut. Selain soal jarak, warga sekitar biasanya juga lebih peduli terhadap orang yang tinggal di lingkungannya.

4. Tepat Waktu

Salah satu keuntungan terbesar dengan tinggal di kost putri terdekat adalah hemat waktu. Dengan jarak yang tidak jauh, perjalanan dapat ditempuh dengan cepat dan minim hambatan, seperti macet, hujan, kecelakaan, dan lain-lain. Dengan demikian, dapat sampai di tempat tujuan tepat waktu.

Tips Mencari Tempat Kost

Perlu diketahui, untuk mendapatkan tempat kost yang terbaik memerlukan beragam pertimbangan. Jangan sembarang pilih, karena dapat menimbulkan konflik di kemudian hari yang berujung pada ‘pindah tempat’. Dan keputusan ini tentu memerlukan energi yang lebih besar. Oleh karena itu, pratikkan beberapa tips untuk mencari tempat kost berikut ini:

1. Fasilitas

Kamar kost akan menjadi tempat beristirahat dan melakukan beragam aktivitas lain selama kuliah atau bekerja. Oleh karena itu, pilihlah tempat kost yang memiliki fasilitas lengkap terutama untuk hal-hal vital.
Salah satu hal yang sering diabaikan adalah kamar mandi. Sebisa mungkin hindari kost dengan kamar mandi bersama, karena dapat menghambat aktivitas dan kurang privasi.

2. Cari Kost Khusus Putri

Meski sering terjadi percekcokan atau persaingan antar penghuni kost, tetapi tempat khusus putri jauh lebih baik daripada yang campur. Sebab, perempuan dapat lebih bebas menjalani hari tanpa harus waswas dengan privasinya. Hal ini juga dapat menghindarkan perempuan dari pergaulan yang tidak baik.

3. Carilah Kost Putri Terdekat

Sebelum memutuskan untuk ‘masuk’ ke tempat kost, cobalah pertimbangkan jarak terlebih dahulu, terutama bagi yang belum memiliki kendaraan. Hal ini akan menghemat waktu serta ongkos untuk sampai ke tujuan. Selain itu, jika ada sesuatu yang tidak diinginkan (contoh: tugas kampus tertinggal), maka lebih cepat dijangkau.

4. Sistem Keamanan

Jangan langsung tergoda dengan referensi dari orang lain atau aplikasi, sebelum melihat sendiri kondisi tempat kost dan lingkungan sekitar. Pastikan tempat tersebut dilengkapi dengan sistem keamanan yang terjamin, seperti garasi kendaraan, pagar rumah, CCTV, maupun keberadaan satpam.
Dengan demikian, penghuni kost tidak perlu was-was dengan keamanan barang-barang berharga miliknya. Selain keamanan tempat itu sendiri, coba perhatikan lingkungan kost putri terdekat. Perhatikan jalanan yang akan dilalui dari kampus atau perusahaan ke kost, apakah aman atau tidak. Hal ini penting, karena jalan tersebut akan dilewati setiap hari.

5. Tidak Rawan Banjir

Kota besar sangat identik dengan kepadatan penduduk dan tempat tinggal yang tidak beraturan. Jika kondisi tersebut berada di daerah dataran tinggi mungkin tidak terlalu berpengaruh.
Namun, jika berada di dataran rendah dan padat seperti Jakarta, maka sedikit banyak akan memengaruhi kenyamanan. Sebab, saat banjir datang, maka akan kesulitan untuk ‘mengamankan’ barang dan beraktivitas.

6. Fasilitas Sekitar Tempat Kost

Memutuskan untuk tinggal di kost putri terdekat berarti sudah siap untuk mengurus hidup sendiri. Agar lebih memudahkan hal tersebut, perhatikan fasilitas lain yang berada di sekitar tempat kos. Mulai dari rumah makan, warung, minimarket, tempat laundry, dan lain-lain.

7. Dekat Pemilik Kost

Meski pemilik kost terkenal bawel, cerewet, hingga galak, tetapi tempat kost yang dekat dengan pemiliknya lebih direkomendasikan, terutama untuk perempuan. Hal ini terkait dengan rasa aman, karena pemilik kost akan lebih memerhatikan properti miliknya. Dengan demikian, kamar kost pun akan lebih nyaman.

8. Peraturan dan Kebijakan

Keberadaan peraturan dan kebijakan akan sangat memengaruhi kenyamanan tempat kost. Mulai dari jam buka tutup gerbang, ‘kebebasan’ orang lain untuk keluar masuk, hingga jam bertamu. Oleh karena itu, tanyakan secara mendetail terlebih dahulu dan pastikan tidak ada poin yang terlewat.
Sebagai pertimbangan, beberapa orang lebih menyukai tempat kost yang ‘bebas’ peraturan. Bagi yang tidak suka dikekang atau menyukai kebebasan, hal ini memang terdengar lebih menarik. Begitu juga bagi mahasiswa yang mengikuti banyak kegiatan maupun pekerja yang sering lembur. Namun, ada beberapa poin yang tetap harus dipertimbangkan, seperti:
a. Harganya jauh lebih mahal.
b. Privasi kurang terjaga.
c. Waktu istirahat terganggu.
d. Kebisingan dapat terjadi kapanpun.
e. Memicu permasalahan pada kesehatan, karena tidak ada jam malam yang harus ditaati.

9. Budget

Hal yang tidak kalah penting untuk menentukan pilihan tempat kost adalah budget. Jangan memaksakan diri untuk tinggal di tempat yang mahal dan mewah, tetapi orang tua kesusahan. Lebih baik mencari tempat kost yang agak murah, sehingga budget dapat dialihkan untuk keperluan lain.
Berbekal pengetahuan di atas, sudah siap untuk berburu kost putri terdekat? Di zaman yang sudah canggih, hal ini tentu bukan menjadi permasalahan besar. Selain mencari referensi dari teman, cobalah untuk browsing melalui internet. Kunjungi situs https://waroengproperty.id

Waroeng Property merupakan salah satu marketplace yang menyediakan list property terbaik dan terpercaya. Menariknya, mereka tidak hanya melayani pembelian maupun penyewaan rumah saja, tetapi juga guest house dan tempat kost. Pelayanan di tempat ini pun sangat baik, mulai dari konsultasi, rekomendasi, hingga deal.

Dengan demikian, Anda dapat memperoleh property berkualitas, baik untuk tempat usaha, tempat tinggal, maupun tempat kost putri terdekat. Apapun kebutuhannya, Waroeng Property selalu dapat diandalkan dan mampu memahami kondisi konsumen. Sebab, mereka hanya bekerja sama dengan pemilik dan developer yang sudah memiliki kredibilitas bagus. Ada yang masih meragu?

 

Leave a Comment

Scroll to Top